Iseng2 ngoprek karena kurang puas sama kelistrikannya PIBO ditambah handle switch yang dah pada ngaco, Electric starter switch dah tidak berfungsi, High Beam juga modar.. ya sekalian aja di oprek.
Pulsar 180cc masih type AC kelistrikannya alias blom Full DC kaya motor T*g*r
Sebelum memulai langkah operasi kelistrikan Pulsar180 ada baiknya kita harus mempelajari dlu system kerja dari kelistrikan Pulsar itu sendiri. berikut saya lampirkan Diagram kelistrikannya.
Langkah pertama buka blok samping kiri, Spool pulsar type kering karena tidak terendam oli seperti motor lain biasanya.
Terdapat 8 angkur spool :
1 Spool CDI
3 Spool Pengisian Aki
4 Spool untuk Lampu Utama
Lepas solderan grounding Spool lampu dan sambung kabel baru, terlihat pada ada tambahan kabel dan beri skun agar mudah untuk lepas pasang nya
Tutup sambungan kabel dengan shrink kabel dan pelindung kabel tahan panas...lupa namanya.. dan pasang tambahan Kiprok T*gor (lihat diagram diatas cara pemasangan regulator FW)
Testing untuk Voltase pengisian, didapat saat Idle Rpm 13.7Volt, Rpm diatas 1500 didapat 14.2V. Kesimpulan aki akan terisi Full terus tanpa ada penurunan voltase. Mantaffffffff.....
Setelah urusan Pengisian aki beres lanjut operasi bedah untuk pemangkasan BCU (Body Control Unit), Jadi tanpa menggunakan BCU lagi halah....
Alternatif lain ganti Handle Switch adeknya Pulsar punya P135 yg masih ada backlight di switchnya, jadi ciri khas pulsar masih terlihat..
Lanjut dengan pemasangan Flasher Sein, karena pada Pulsar 180 flasher sein sudah tetanam pada BCU.
Harap diperhatikan Switch P135 berbeda fungsi dengan P180.
- Klason P135 yg diputus negatif, harus dirubah yg diputus positifnya
- Electric starter P135 yg diputus negatif, harus diganti Positif
- Engine Stop harus ikut Negatif
Agar mudah dalam bongkar pasang, siapkan Terminal socket jadi apabila sewaktu2 mo dikembalikan lagi ke standar tinggal cabut pasang saja.. simple kan..
Socket yg dibutuhkan :
9Pin 2X, 4pin 1X, 6 Pin 1X 2 pin 3X
Proses urut-mengurut kabel pake logika motor2 umum saja, maka dari itu saya sarankan agar mempelajari skema dari gambar diatas.
Selesai sudah project kali ini, Lampu HID, Lampu Tembak, klakson Hella Twin tone, tambahan aksesoris lampu box, Flasher lampu Rem semuanya berfungsi baik. lampu terang klakson kenceng, starter enteng,,dll..........mantaf. Say goodbye TEKOR...
Mo pasang perabotan lenong macam strobo, sirine dll..juga gak masalah... tapi itu sudah tidak diperbolehkan lagi...ok
Sebagian orang bilang kelistrikan Pulsar itu rumit sebernarnya sama saja dengan motor2 umum lainnya, hanya yg membedakan Pulsar menggunakan BCU. Semua proses switching terprogram didalamnya. Handle Swicht nya menggunakan system magnet jadi tidak ada kontak.
Kadang system yang canggih blom tentu memuaskan hehehhehee......
manteb mas sharenya...saya bolak balik baca tetep gak mudheng2...xixixi...mohon bimbingannya yak
BalasHapusmas mau tanya punya skematik rangkaian sirine 6 canel yg biasa di kasih toa patwal yg 15 watt gak'
BalasHapuskalo ada tolong di postkan di blog anda'
atau di email ke iki_skynet@gmail.com
terimakasih mas sebelumnya'
mas mo nanya p1b0 saya tiba-2 gak bisa distarter ....klo starter mati gitu apa karena dinamo starternya atau cuma sikring atau jg kabel-2 ...
BalasHapustks my senior sangat diharapkan pencerahannya...
bingung......kaburrrrr...
cek dahulu ketika starter ditekan bendik bunyi tidak.. atau coba jumper kabel Putih+merah pada bendik ke + aki.
BalasHapusCek juga Switch pada kopling biasanya kotor, jika kotor coba diberi cairan pembersih, klo rusak ya diganti..
mas flasher lampu sign nyambungnya ke jalur kabel yang mana?, trus kabel sambungan baru di spull yang langsung ke kiprok tigor itu yang warna merah apa kuning??
BalasHapushanya ini aja perubahannya mas??
ga pake relay2an?? maklum pengen nyoba di pz00.....mohon bimbingannya mas....makasih.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusdari kontak +(coklat) masuk ke flasher (terminal B) trus keluar (terminal L) masuk ke orange saklar kiri (common sein)
BalasHapusinput kiprok tigor yang kuning strip merah dan tarik kabel baru setelah angkat ground spul lampu (digambar warna merah mas..)
Pake relay klo ada tambahan lampu tembak / klason atau beban lainya... klo standar sih cukup/tidak usah
punya tutorial yg lebih terperinci ga mas ??
BalasHapusingin coba sendiri nih....atau kalo punya video tutorialnya mau saya beli kalo mas punya....
mas kabel dari handswitch pulsar 135 itu nyambung nya kemana aja ya??
BalasHapuskeren mas tapi sy masih perlu bimbingan mohon di bantu dengan trouble pulsar 180 sy head lamp sering putus.tks
BalasHapusDear All ....
BalasHapusada yang bisa bantu problem 180 UG4 saya, indikator aki selalu kedip dan aki selalu tekor, ada info yg megatakan bisa menggunakan Kiprk/regulator milik tiger, bagaimana cara pemasangan nya dan apakah harus ada penambahan dalam insalasi kiprok tiger ?
mohon pencerahan dan bisa dikirim ke yust01@yahoo.com
terimakasih atas bantuan dan perhatianya.
salam
Yust
gan, Lam kenal, to the point saja deh, boleh bantu saya unt buatkan skema pemasangan kiprok tiger unt pulsar 180 UG4, saya dapat kendala aki selalu tekor dan lampu kontrol aki kedip terus walau hanya nyalakan lampu kecil ya.
BalasHapusboleh dikirmkan ke email yust01@yahoo.com
matur suwun
B 6676 SUD
@all : sebenarnya dari gambar skema dah dijelaskan bro...
BalasHapusuntuk lebih mudahnya saya ada kabel set buat fullwave pake saklar PIES, jadi tinggal pasang aja..
ane blom sempet gambar nya karna kabelnya banyak :o nanti ane post potonya
ma'af mau tanya, apakah pergantian kelistrikan dc masih bisa motor di dorong untuk hidup bilamana aki rusak soak di jalan ?
BalasHapusterima kasih .....!
dari supri
@supri : masi bisa mas karena pengapiannya masi AC. jadi tanpa aki pun masi bisa hidup.
BalasHapusMa'af nambah pertanyaan, apakah bisa BCU dan handle switch tetap standar ? kabel dari grouding dipasang kiprok tiger langsung ke aki agar tidak overchargi cara gimana (kalu pake Regulator 7815 bisa enggak) ? terima kasih mas yoyo
BalasHapushormat saya
supri
bro ini pulsar ug berapa?
BalasHapuspulsar ane UG3 soalnya
Pulsar P180 UG3
HapusSalam kenal Bro Yoyo, Mau nanya, apakah skema yang dijelaskan juga berlaku untuk PIBO UG4? karena yang ane tahu, menurut mekanik di BERES kalau kelistrikan PIBO UG$ udah DC..
BalasHapusMohon pencerahannya, terima kasih, Isra
Salam kenal Bro Yoyo, Mau nanya, apakah skema yang dijelaskan juga berlaku untuk PIBO UG4? karena yang ane tahu, menurut mekanik di BERES kalau kelistrikan PIBO UG$ udah DC..
BalasHapusMohon pencerahannya, terima kasih, Isra
@krisna-pb : ini di pulsar UG3
BalasHapus@anonim : Betul Pulsar UG4 dah fullwave, tapi kiprok standar cuma bisa supply +- 5Ampere-an aja, padahal klo diliat dari spul bisa pe 8A.. jadi menurut saya masi kurang maksimal
Bro Yoyo,
BalasHapusBagaimana cara memaksimalkan supply sampai dengan 8A tersebut? Terima kasih sebelumnya
Lepas BCU ganti saklar pake punya P135, ganti kiprok/regulator T*G*R
BalasHapussemoga membantu
mas kabel set untuk full wave pake saklar p135 dijual mas?? boleh pm harga...tq
BalasHapusrudye2space@yahoo.com
ada mas sisa 1 set lagi, partnya masi ada tapi blm sempet buat lagi
HapusBro Yoyo,
BalasHapusKalau Kiprok UG4 diganti Kiprok T*G*R tanpa lepas BCU bisa memaksimalkan Supply arus sampai 8A?
Apakah Kiprok T*G*R bisa langsung plug-in ke UG4 tanpa perlu tambah komponen yang lain?
Terima kasih sebelumnya.
Isra
setau ane UG4 dah full dc, bisa mas langsung kiprok T*G*R, tanpa perlu komponen lain.. tapi gak bisa PnP ya beda socket.. cermati gambar saya diatas.. output spul pengisian di pulsar warna biru strip putih..
Hapuskabel set buat fullwave pake saklar PIES. ini dijual berapa mas, saya minat, pm harga di rudye2space@yahoo.com
BalasHapusmaaf gan kelamaan bales... apa masi minat..?
Hapusminat bgt mas.....pm ya mas ke email ku ditunggu secepatnya....
HapusPM meluncur
Hapusbisa minta no hpnya mas??
Hapuscek email mas.....
HapusSaya sama dgn mas Anonim. BCU diganti pake saklar punya P135 gmn bentuk saklarnya dan posisinya? trims
BalasHapussaklarnya kaya poto diatas bro... tampak luar sama saja bedanya P135 menggunakan switch kontak biasa seperti pada motor lain umumnya.. klo P180 pake magnetic switch.
HapusGan posisi dimana? kalo buka jasa ini minat banget nih.... soalnya mau pasang HID... tolong email alamat dan harganya ya ke: anwarbloggerbandung@gmail.com
BalasHapusThanks
Posisi di Cibinong bro
HapusPosisi dimana mas bro? kalo saya mau fullmodif begini kena berapa?
BalasHapusemail ane: anwarbloggerbandung@gmail.com
Thanks
cek inbok bro...
Hapuskok email ane ga di bales2 mas.....
Hapusrudye2space@yahoo.com
stok saklar p135 yang tinggal pasang pm harga mas
BalasHapusrudye2space@yahoo.com
mas kalo stok kabel fullwave p135 masih ada minat nih...
BalasHapusemail ke ankuringhea@gmail.com sekalian japri harganya mas...
SMS bro biayanya buat P200 ke 021 97853986 atau email ke hubind05@gmail.com
BalasHapusMau dong mas bro PM alamat Cibinong, Mo ganti AC ke Full DC Pulsar 220 anne... ke = apsuseno@gmail.com
BalasHapusTrims yaa ..
Pulsar 220 kan dah DC 3Phase mas..... ngapain diganti..:D
Hapusmas bro,,klo bajaj 200 sama ngga sistem kelistrikannya ama bajaj 180????
BalasHapusthanks be4.....
sama mas bro...
Hapuslokasi dmn mas?kl mau pasangin sekalian kira2 habis brp semuanya? thanks
BalasHapusWah mau donk bro mampir.. oya bisa ga kl tanpa putus bcu? Ane udh smp tahap ganti saklar nih.. cuma takut di kontak krn penjelasan diatas harus lepas bcu.. dlm arti bs ga kl tanpa lepas bcu dan pake saklar std?
BalasHapusbisa bro
Hapuscoba baca2 dlu di sini : http://www.prides-online.com/showthread.php/12268-Rangkaian-Full-DC-Dengan-BCU-n-Panel-Asli
harga Handle Switch Pulsar P135 itu kisaran berapa ya bro.? ada pasien yg eror holdernya.
BalasHapuspasang panel 135 ke ug4.. urutin donk om warna kabel2 nya..mtor ane gak kelar2 nih pasang panel nya..
BalasHapuss lam kenal mas yo2,, mau nanya nih tentang cek out put dc dari kiprok tiger, di ceknya pas udah nempel ke aki apa nggak/ soalnya pas saya cek waktu blum nempel di aki putaran mesin makin tinggi volt nya juga makin tinngi, malah sampai 50volt lebih, mohon pencerahannya. makasih sblmnya
BalasHapusjd kiprok bawaan masih tetap dipakai y mass ???
BalasHapusgan mw tanya, ane dh copot BCU&ganti swicth p135, klo ga modif spul k fullwave bisa ganti kiprok tiger?? aki ane kedip mulu..thx gan..smoga bsa mmbantu
BalasHapusgan mw tanya, ane dh copot BCU&ganti swicth p135, klo ga modif spul k fullwave bisa ganti kiprok tiger?? aki ane kedip mulu..thx gan..smoga bsa mmbantu
BalasHapusBro yoyo,kabel biru strip putihnya ada 2,apa itu output semua?
BalasHapusBto yoyo salam kenal
BalasHapusItu kabel biru strip putihnya ada dua d regulator.output semua ato salahsatu?
Trs kabel dari kiprok tigernya nyambung kmn?
MAAF ane nimbrung gan,
BalasHapusGan yoyo Ngrombak itu kena berapa boss,
Aq pengen terima beres,,,dan butuh waktu berapa lama,,,,
Suwun
Oh ya boss,flaser signnya pake punya apa?
BalasHapusmaklum ane gak ngerti elektrik...
Bro Yoyo,
BalasHapusAne punya pulsar 180 tahun 07, ane punya masalah didalam kelistriannya, ane sudah ganti aki dengan merk motobatt dan sudah ganti kabel bodi juga. kelistrian BCU hanya digunakan untuk spidometer. kiprok ane sudah cek tengangannya normal, tapi lampu depan ane sering sekali putus, tidak sampai 1 minggu. bisa tolong petunjuknya. thx
Bisa ngk klo ngk ganti handle swicth..?
BalasHapusbisa lebih detail mas bro...?
BalasHapusgan...Punya ane P200, udah ane rubah DC fullwave, Kiprox udah ganti punya Macan (tapi masih lokalan dulu :D) yang jadi masalah aki ane tekor mulu ya?
BalasHapusmohon bimbingannya dong gan (Mail : dhans.farell@gmail.com)
mas bro,,,,pulsar ane mati relay yg ke cdi nya,,,,,bisa ga pake relay yg lain,slain yg ori nya,,,,,,,pulsar ane yg 180cc,,,,,mksi mas bro
BalasHapusmas bro,,,,pulsar ane mati relay nya,yg ke cdi,,,,,bisa ga pake relay yg lain slain yg ori nya,,,,,pulsar ane yg 180cc...........mksi mas bro
BalasHapusbro lokasi dimana? terus bro bisa merubah kelistrikan P180 UG4 punya saya gak sekiranya?
BalasHapusbro lokasi dimana? sekiranya bro bisa membantu merubahan kelistrikan P180 UG4 punya saya tanpa menggunakan bcu lagi
BalasHapusizin copy artikel Oom.....
BalasHapusMas ini double kiprok ya!
BalasHapusCoba krim skema dngan warna kabel mas biar jlas kabel warna apa aja untuk sambung nyambungnya!
Mas mau tanya itu pke double kiprok apa hanya pke kiprok t*g*r saja???
BalasHapusMohon pencerahannya mas bro.. Setelah sy pasang kiprok tiger sesuai gambar.. Kenapa lampu depan jd ga nyala ya? Solusinya gmn mas bro.. Tolong pencerahannya k email windarto.acong@yahoo.com
BalasHapusTq
Mohon pencerahannya mas bro.. Setelah sy pasang kiprok tiger sesuai gambar.. Kenapa lampu depan jd ga nyala ya? Solusinya gmn mas bro.. Tolong pencerahannya k email windarto.acong@yahoo.com
BalasHapusTq
gan mau tanya nih,untuk kable groun pada spulnya mesti dicopot pakai solderan yah,warna apa kabel spul groundnya
BalasHapusmisi gan,bisa kasih tau ga warna kable2 yang diatas dijelaskan via email m.mahfuzi1981@gmail.com....
BalasHapussemoga ilmu yang agan beri bermanfaat
2 jempol buat Luu kereeennn
BalasHapusKang boleh minta pin atau laibe nya yang biaa di hubungi
BalasHapusKang boleh minta pin atau line
BalasHapussaya tadi dah coba sampe penggantian kiprok. hasil dah 14 v.tapi kok lampu utama,klakson dll belum bisa nyala ya? apa karena BCU belum dilepas?
BalasHapuspersamaan sepul pulsar 180 aya gan
BalasHapusApakah bcu pengaruh ke pengapian cdi ?
BalasHapus