Senin, 07 Maret 2011

DIY Full Wave Bajaj Pulsar 180

Iseng2 ngoprek karena kurang puas sama kelistrikannya PIBO ditambah handle switch yang dah pada ngaco, Electric starter switch dah tidak berfungsi, High Beam juga modar.. ya sekalian aja di oprek.
Pulsar 180cc masih type AC kelistrikannya alias blom Full DC kaya motor T*g*r



Sebelum memulai langkah operasi kelistrikan Pulsar180 ada baiknya kita harus mempelajari dlu system kerja dari kelistrikan Pulsar itu sendiri. berikut saya lampirkan Diagram kelistrikannya.

















Langkah pertama buka blok samping kiri, Spool pulsar type kering karena tidak terendam oli seperti motor lain biasanya.

Terdapat 8 angkur spool :
1 Spool CDI
3 Spool Pengisian Aki
4 Spool untuk Lampu Utama











Lepas solderan grounding Spool lampu dan sambung kabel baru, terlihat pada ada tambahan kabel dan beri skun agar mudah untuk lepas pasang nya











Tutup sambungan kabel dengan shrink kabel dan pelindung kabel tahan panas...lupa namanya.. dan pasang tambahan Kiprok T*gor (lihat diagram diatas cara pemasangan regulator FW)











Testing untuk Voltase pengisian, didapat saat Idle Rpm 13.7Volt, Rpm diatas 1500 didapat 14.2V. Kesimpulan aki akan terisi Full terus tanpa ada penurunan voltase. Mantaffffffff.....











Setelah urusan Pengisian aki beres lanjut operasi bedah untuk pemangkasan BCU (Body Control Unit), Jadi tanpa menggunakan BCU lagi halah....










Alternatif lain ganti Handle Switch adeknya Pulsar punya P135 yg masih ada backlight di switchnya, jadi ciri khas pulsar masih terlihat..
Lanjut dengan pemasangan Flasher Sein, karena pada Pulsar 180 flasher sein sudah tetanam pada BCU.

Harap diperhatikan Switch P135 berbeda fungsi dengan P180.
- Klason P135 yg diputus negatif, harus dirubah yg diputus positifnya
- Electric starter P135 yg diputus negatif, harus diganti Positif
- Engine Stop harus ikut Negatif


Agar mudah dalam bongkar pasang, siapkan Terminal socket jadi apabila sewaktu2 mo dikembalikan lagi ke standar tinggal cabut pasang saja.. simple kan..

Socket yg dibutuhkan :
9Pin 2X, 4pin 1X, 6 Pin 1X 2 pin 3X


Proses urut-mengurut kabel pake logika motor2 umum saja, maka dari itu saya sarankan agar mempelajari skema dari gambar diatas.



Selesai sudah project kali ini, Lampu HID, Lampu Tembak, klakson Hella Twin tone, tambahan aksesoris lampu box, Flasher lampu Rem semuanya berfungsi baik. lampu terang klakson kenceng, starter enteng,,dll..........mantaf. Say goodbye TEKOR...



Mo pasang perabotan lenong macam strobo, sirine dll..juga gak masalah... tapi itu sudah tidak diperbolehkan lagi...ok

Sebagian orang bilang kelistrikan Pulsar itu rumit sebernarnya sama saja dengan motor2 umum lainnya, hanya yg membedakan Pulsar menggunakan BCU. Semua proses switching terprogram didalamnya. Handle Swicht nya menggunakan system magnet jadi tidak ada kontak.

Kadang system yang canggih blom tentu memuaskan hehehhehee......

51 komentar:

  1. manteb mas sharenya...saya bolak balik baca tetep gak mudheng2...xixixi...mohon bimbingannya yak

    BalasHapus
  2. mas mau tanya punya skematik rangkaian sirine 6 canel yg biasa di kasih toa patwal yg 15 watt gak'
    kalo ada tolong di postkan di blog anda'

    atau di email ke iki_skynet@gmail.com
    terimakasih mas sebelumnya'

    BalasHapus
  3. mas mo nanya p1b0 saya tiba-2 gak bisa distarter ....klo starter mati gitu apa karena dinamo starternya atau cuma sikring atau jg kabel-2 ...
    tks my senior sangat diharapkan pencerahannya...
    bingung......kaburrrrr...

    BalasHapus
  4. cek dahulu ketika starter ditekan bendik bunyi tidak.. atau coba jumper kabel Putih+merah pada bendik ke + aki.
    Cek juga Switch pada kopling biasanya kotor, jika kotor coba diberi cairan pembersih, klo rusak ya diganti..

    BalasHapus
  5. mas flasher lampu sign nyambungnya ke jalur kabel yang mana?, trus kabel sambungan baru di spull yang langsung ke kiprok tigor itu yang warna merah apa kuning??

    hanya ini aja perubahannya mas??
    ga pake relay2an?? maklum pengen nyoba di pz00.....mohon bimbingannya mas....makasih.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  7. dari kontak +(coklat) masuk ke flasher (terminal B) trus keluar (terminal L) masuk ke orange saklar kiri (common sein)
    input kiprok tigor yang kuning strip merah dan tarik kabel baru setelah angkat ground spul lampu (digambar warna merah mas..)

    Pake relay klo ada tambahan lampu tembak / klason atau beban lainya... klo standar sih cukup/tidak usah

    BalasHapus
  8. punya tutorial yg lebih terperinci ga mas ??
    ingin coba sendiri nih....atau kalo punya video tutorialnya mau saya beli kalo mas punya....

    BalasHapus
  9. mas kabel dari handswitch pulsar 135 itu nyambung nya kemana aja ya??

    BalasHapus
  10. keren mas tapi sy masih perlu bimbingan mohon di bantu dengan trouble pulsar 180 sy head lamp sering putus.tks

    BalasHapus
  11. Dear All ....

    ada yang bisa bantu problem 180 UG4 saya, indikator aki selalu kedip dan aki selalu tekor, ada info yg megatakan bisa menggunakan Kiprk/regulator milik tiger, bagaimana cara pemasangan nya dan apakah harus ada penambahan dalam insalasi kiprok tiger ?
    mohon pencerahan dan bisa dikirim ke yust01@yahoo.com
    terimakasih atas bantuan dan perhatianya.
    salam

    Yust

    BalasHapus
  12. gan, Lam kenal, to the point saja deh, boleh bantu saya unt buatkan skema pemasangan kiprok tiger unt pulsar 180 UG4, saya dapat kendala aki selalu tekor dan lampu kontrol aki kedip terus walau hanya nyalakan lampu kecil ya.
    boleh dikirmkan ke email yust01@yahoo.com
    matur suwun

    B 6676 SUD

    BalasHapus
  13. @all : sebenarnya dari gambar skema dah dijelaskan bro...
    untuk lebih mudahnya saya ada kabel set buat fullwave pake saklar PIES, jadi tinggal pasang aja..
    ane blom sempet gambar nya karna kabelnya banyak :o nanti ane post potonya

    BalasHapus
  14. ma'af mau tanya, apakah pergantian kelistrikan dc masih bisa motor di dorong untuk hidup bilamana aki rusak soak di jalan ?
    terima kasih .....!
    dari supri

    BalasHapus
  15. @supri : masi bisa mas karena pengapiannya masi AC. jadi tanpa aki pun masi bisa hidup.

    BalasHapus
  16. Ma'af nambah pertanyaan, apakah bisa BCU dan handle switch tetap standar ? kabel dari grouding dipasang kiprok tiger langsung ke aki agar tidak overchargi cara gimana (kalu pake Regulator 7815 bisa enggak) ? terima kasih mas yoyo
    hormat saya
    supri

    BalasHapus
  17. bro ini pulsar ug berapa?
    pulsar ane UG3 soalnya

    BalasHapus
  18. Salam kenal Bro Yoyo, Mau nanya, apakah skema yang dijelaskan juga berlaku untuk PIBO UG4? karena yang ane tahu, menurut mekanik di BERES kalau kelistrikan PIBO UG$ udah DC..
    Mohon pencerahannya, terima kasih, Isra

    BalasHapus
  19. Salam kenal Bro Yoyo, Mau nanya, apakah skema yang dijelaskan juga berlaku untuk PIBO UG4? karena yang ane tahu, menurut mekanik di BERES kalau kelistrikan PIBO UG$ udah DC..
    Mohon pencerahannya, terima kasih, Isra

    BalasHapus
  20. @krisna-pb : ini di pulsar UG3

    @anonim : Betul Pulsar UG4 dah fullwave, tapi kiprok standar cuma bisa supply +- 5Ampere-an aja, padahal klo diliat dari spul bisa pe 8A.. jadi menurut saya masi kurang maksimal

    BalasHapus
  21. Bro Yoyo,

    Bagaimana cara memaksimalkan supply sampai dengan 8A tersebut? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  22. Lepas BCU ganti saklar pake punya P135, ganti kiprok/regulator T*G*R

    semoga membantu

    BalasHapus
  23. mas kabel set untuk full wave pake saklar p135 dijual mas?? boleh pm harga...tq
    rudye2space@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas sisa 1 set lagi, partnya masi ada tapi blm sempet buat lagi

      Hapus
  24. Bro Yoyo,

    Kalau Kiprok UG4 diganti Kiprok T*G*R tanpa lepas BCU bisa memaksimalkan Supply arus sampai 8A?
    Apakah Kiprok T*G*R bisa langsung plug-in ke UG4 tanpa perlu tambah komponen yang lain?

    Terima kasih sebelumnya.
    Isra

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau ane UG4 dah full dc, bisa mas langsung kiprok T*G*R, tanpa perlu komponen lain.. tapi gak bisa PnP ya beda socket.. cermati gambar saya diatas.. output spul pengisian di pulsar warna biru strip putih..

      Hapus
  25. kabel set buat fullwave pake saklar PIES. ini dijual berapa mas, saya minat, pm harga di rudye2space@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan kelamaan bales... apa masi minat..?

      Hapus
    2. minat bgt mas.....pm ya mas ke email ku ditunggu secepatnya....

      Hapus
    3. bisa minta no hpnya mas??

      Hapus
    4. cek email mas.....

      Hapus
  26. Saya sama dgn mas Anonim. BCU diganti pake saklar punya P135 gmn bentuk saklarnya dan posisinya? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saklarnya kaya poto diatas bro... tampak luar sama saja bedanya P135 menggunakan switch kontak biasa seperti pada motor lain umumnya.. klo P180 pake magnetic switch.

      Hapus
  27. Gan posisi dimana? kalo buka jasa ini minat banget nih.... soalnya mau pasang HID... tolong email alamat dan harganya ya ke: anwarbloggerbandung@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus
  28. Posisi dimana mas bro? kalo saya mau fullmodif begini kena berapa?

    email ane: anwarbloggerbandung@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok email ane ga di bales2 mas.....
      rudye2space@yahoo.com

      Hapus
  29. stok saklar p135 yang tinggal pasang pm harga mas
    rudye2space@yahoo.com

    BalasHapus
  30. mas kalo stok kabel fullwave p135 masih ada minat nih...
    email ke ankuringhea@gmail.com sekalian japri harganya mas...

    BalasHapus
  31. SMS bro biayanya buat P200 ke 021 97853986 atau email ke hubind05@gmail.com

    BalasHapus
  32. Mau dong mas bro PM alamat Cibinong, Mo ganti AC ke Full DC Pulsar 220 anne... ke = apsuseno@gmail.com

    Trims yaa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulsar 220 kan dah DC 3Phase mas..... ngapain diganti..:D

      Hapus
  33. mas bro,,klo bajaj 200 sama ngga sistem kelistrikannya ama bajaj 180????
    thanks be4.....

    BalasHapus
  34. lokasi dmn mas?kl mau pasangin sekalian kira2 habis brp semuanya? thanks

    BalasHapus
  35. Wah mau donk bro mampir.. oya bisa ga kl tanpa putus bcu? Ane udh smp tahap ganti saklar nih.. cuma takut di kontak krn penjelasan diatas harus lepas bcu.. dlm arti bs ga kl tanpa lepas bcu dan pake saklar std?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bro
      coba baca2 dlu di sini : http://www.prides-online.com/showthread.php/12268-Rangkaian-Full-DC-Dengan-BCU-n-Panel-Asli

      Hapus
  36. harga Handle Switch Pulsar P135 itu kisaran berapa ya bro.? ada pasien yg eror holdernya.

    BalasHapus