Selasa, 02 November 2010

DIY Akustik Gitar Pre-Amp

Keinginan punya gitar akustik elektrik apa daya adanya gitar kopong biasa :D
browsing2 di FJB K*sk*s cari2 yang jual eh ketemu dan juga kebetulan yang jual juga gak jauh rumahnya dari tempat ane... langsung call, barang ready, berangkat, bayar, pulang dan pasang... :p

Alat-alat yang digunakan untk melubangi :
1. Bor PCB 0.8mm
2. Pisau cutter
3. Pisau khusus buat potong PCB


Ini Gitar kopong ane, merknya Alvarez, ga tau buatan mana yang pasti dari bodi neck dan suaranya lumayan







Ini pre-amp nya merk : Belcat






Langkah peratama saya membuat Mal dlu buat ukuran lubang pre amp, disini saya pake Autocad buat gambar dimensi pre-amp dan outputnya, klo tidak bisa berantakan dan tidak pas bikin lobangnya



Lalu dipotong dan ditempel di body gitar, hal yg harus diperhatikan adalah bentuk lekukan dari pre-amp ntu sendiri harus mengikuti lekukan body gitar



saya tempel menggunakan lakban kertas
Butuh kesabaran buat melubangi sayang kan gitar bagus dilubangi malah berantakan



Proses melubangi saya mengunakan bor untuk PCB ukuran 0.8mm, mengikuti jalur mal yg sudah saya buat, saya lubangi di luar garis mal supaya tidak kebesaran lubangnya klo kurang besar tinggal pake cutter dipotong sedikit2 sampai pre-amp bisa masuk.....blesssss....:p


Hasil setelah terpasang OUT+Battery pas mantab..... hehehe





Pre-Amp telah terpasang, wah jadi keren kelihatanya.... lumayan dari pada beli jadi gitar akustik elektrik










Untuk Spul nya sendiri saya pasang dibawah Bridge





Masukan Battery 9V test nyala dan Bunyi hasilnya mantab......
Akhirnya punya juga gitar akustik elektrik..yihaaaaaaaaaaaaaa...






6 komentar:

  1. punya skema rangkaian toggle switch yg pake relay 9V ga gan? kalo punya tolong di share ya. thanx a lot...

    BalasHapus
  2. maksudnya gimana gan, ane kurang paham pertanyaannya...
    Agan aplikasinya untuk apa..?

    BalasHapus
  3. harga preampnya berapa bang?

    BalasHapus
  4. harga pre-ampnya lupa mas bro... ane beli di FJB Kaskus coba search aja...

    BalasHapus
  5. wah prener lc ya, mantap gan. piezo.

    BalasHapus