Kamis, 08 Oktober 2009

BATTERY INDICATOR

Iseng browsing di internet dapet sebuah skema Indicator untuk mengecek tegangan aki
terlintas sejenak sepertinya cocok untuk diterapkan di motor nih... komponennya juga tidak terlalu sulit untuk didapat dipasaran.
Akhirnya terpancing lagi untuk mengangkat solder nih... siapkan gambar skema yang di desain sendiri dan di print ke kertas bekas stiker, dengan printer laserjet.

skema nya :













1. hasil transfer dari kertas stiker ke papan PCB (caranya telah saya bahas sebelumnya)








2. Hasil transfer toner sempurna tidak ada jalur yang putus, lalu dilanjutkan dengan proses etching (juga sudah saya bahas pada page sebelumnya)







3. Jika tegangan aki drop disini terlihat pada 11V maka indicator led warna merah akan menyala (artinya tegangan aki menurun)
perlu diperiksa apakah spool, kiprok atau aki yang bermasalah.






4. Jika tegangan aki diatas 12V maka lampu led hijau menyala (kinerja aki bagus tidak ada drop voltage semua komponen charging battery bagus)






5. Setelah jadi blom sempet di beri casing (to be continued deh...) dan untuk pemakaian led terserah mo warna apa sesuka hati.








Setelah dipakaikan casing, terlihat jika voltase kurang dari 11 volt maka indicator merah menyala







Lampu Hijau hidup maka kondisi pengisian battery normal, tidak ada gejala tekor.







Selamat bereksperimen... go DIY'ers

6 komentar:

  1. bagus bos, boleh tau detail ukuran nama2 resistor ama yg lain dong bos, pengen buat ne buat di mobil, kebetulan mobil ane sering drop.

    klo bisa kasi tau nama2 nya yg jelas klo beli biar gampang, maklum bukan org elektronika,heheh, tapi klo nyolder bisa lah...

    kirim ke email ya bos:
    suastika99@gmail.com

    Makasiyo

    BalasHapus
  2. Dioda ZPD11 nya beli di mana bro?

    BalasHapus
  3. iya bro, saya udah cari2 ZPD11 tapi gak ada yg jual, malah ada yg baru denger namanya. ZPD11 bisa digantikan dioda lainnya yg similiar n ekuivalen gak bro??? please help saya sudah putus asa mencari ZPD11. saya mau bunuh diri aja dah

    BalasHapus
  4. good idea nh, tp mhn diperjelas dunk bos komponen yg digunakan ap aj n bgm cr merangkai dipcb'y..mhn ya mas diblz terimakash

    BalasHapus
  5. @anonim : beli diode ZDP11 (diode zener 11 volt) banyak mas bro di toko2 elektronik.. dikampung tempat ane aja ada..apalagi dikota hehee..

    untuk komponen dah jelas skema diatas mas.. klo mo mudah point to point aja nyoldernya pake Pcb bolong2..komponennya tidak terlalu banyak ini..

    BalasHapus
  6. jd skema tsb klo dirangkai memang spt itu ya, maklum q ga ngerti. Satu lg om klo dipake tuk aki 6v apay yg diganti karna mw sy pake ke aki 6v, , tx bgt atas blzny

    BalasHapus