Senin, 07 Maret 2011

DIY Full Wave Bajaj Pulsar 180

Iseng2 ngoprek karena kurang puas sama kelistrikannya PIBO ditambah handle switch yang dah pada ngaco, Electric starter switch dah tidak berfungsi, High Beam juga modar.. ya sekalian aja di oprek.
Pulsar 180cc masih type AC kelistrikannya alias blom Full DC kaya motor T*g*r



Sebelum memulai langkah operasi kelistrikan Pulsar180 ada baiknya kita harus mempelajari dlu system kerja dari kelistrikan Pulsar itu sendiri. berikut saya lampirkan Diagram kelistrikannya.

















Langkah pertama buka blok samping kiri, Spool pulsar type kering karena tidak terendam oli seperti motor lain biasanya.

Terdapat 8 angkur spool :
1 Spool CDI
3 Spool Pengisian Aki
4 Spool untuk Lampu Utama











Lepas solderan grounding Spool lampu dan sambung kabel baru, terlihat pada ada tambahan kabel dan beri skun agar mudah untuk lepas pasang nya











Tutup sambungan kabel dengan shrink kabel dan pelindung kabel tahan panas...lupa namanya.. dan pasang tambahan Kiprok T*gor (lihat diagram diatas cara pemasangan regulator FW)











Testing untuk Voltase pengisian, didapat saat Idle Rpm 13.7Volt, Rpm diatas 1500 didapat 14.2V. Kesimpulan aki akan terisi Full terus tanpa ada penurunan voltase. Mantaffffffff.....











Setelah urusan Pengisian aki beres lanjut operasi bedah untuk pemangkasan BCU (Body Control Unit), Jadi tanpa menggunakan BCU lagi halah....










Alternatif lain ganti Handle Switch adeknya Pulsar punya P135 yg masih ada backlight di switchnya, jadi ciri khas pulsar masih terlihat..
Lanjut dengan pemasangan Flasher Sein, karena pada Pulsar 180 flasher sein sudah tetanam pada BCU.

Harap diperhatikan Switch P135 berbeda fungsi dengan P180.
- Klason P135 yg diputus negatif, harus dirubah yg diputus positifnya
- Electric starter P135 yg diputus negatif, harus diganti Positif
- Engine Stop harus ikut Negatif


Agar mudah dalam bongkar pasang, siapkan Terminal socket jadi apabila sewaktu2 mo dikembalikan lagi ke standar tinggal cabut pasang saja.. simple kan..

Socket yg dibutuhkan :
9Pin 2X, 4pin 1X, 6 Pin 1X 2 pin 3X


Proses urut-mengurut kabel pake logika motor2 umum saja, maka dari itu saya sarankan agar mempelajari skema dari gambar diatas.



Selesai sudah project kali ini, Lampu HID, Lampu Tembak, klakson Hella Twin tone, tambahan aksesoris lampu box, Flasher lampu Rem semuanya berfungsi baik. lampu terang klakson kenceng, starter enteng,,dll..........mantaf. Say goodbye TEKOR...



Mo pasang perabotan lenong macam strobo, sirine dll..juga gak masalah... tapi itu sudah tidak diperbolehkan lagi...ok

Sebagian orang bilang kelistrikan Pulsar itu rumit sebernarnya sama saja dengan motor2 umum lainnya, hanya yg membedakan Pulsar menggunakan BCU. Semua proses switching terprogram didalamnya. Handle Swicht nya menggunakan system magnet jadi tidak ada kontak.

Kadang system yang canggih blom tentu memuaskan hehehhehee......